Buah Carica Dieng: Kreasi Buah Carica dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah Carica Dieng: Kreasi Buah Carica dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

SHARE

Buah Carica Dieng – Namanya unik dan terkesan aneh di telinga masyarakat Indonesia. Bahkan, ketika disebutkan, tak sedikit orang yang akan mengerutkan dahi, sambil bertanya benarkah di Indonesia ada nama buah seperti itu? Buah Carica Dieng bagi kebanyakan orang adalah buah yang asing bahkan belum pernah mereka temui. Akan tetapi, bagi Anda warga asli Wonosobo, tentu tidak akan heran dengan buah yang satu ini.

buah carica dieng wonosobo

Buah Carica Dieng adalah tanaman yang masih satu keluarga dengan pepaya. Bentuk keduanya pun mirip, tetapi buah khas Wonosobo ini memiliki ukuran yang lebih kecil. Ada pula yang mengatakan bentuk buah ini seperti perpaduan antara cacao dan pepaya. Ketika masih mentah, kulit buah carica berwarna hijau, dan kuning ketika matang. Tanaman ini tidak dapat tumbuh di sembarang tempat. Ia hanya tumbuh di daerah dataran tinggi. Di Indonesia, buah ini dapat tumbuh di Dieng dan Bali.

Budidayanya yang hanya dapat dilakukan di daerah dataran tinggi seperti Dieng, menjadikannya sebagai buah yang langka dan khas. Tentu hal ini sangat menguntungkan bagi daerah yang dapat ditanami tumbuhan ini. Seperti di daerah Wonosobo, buah Carica Dieng sudah menjadi anugerah bagi warganya. Kekhasannya memberikan peluang usaha bagi masyarakat setempat. Banyak industri rumahan yang mengolah buah carica dan menjadikannya sebagai salah satu oleh-oleh andalan Wonosobo. Selain mendatangkan manfaat bagi masyarakat Wonosobo, buah carica juga memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan. Salah satu produk unggulan dari pengolahan buah carica adalah CARICA SUMBING produksi OAFINDO.

buah carica dieng terbaik
Carica Sumbing salah satu hasil olah buah carica

Manfaat Buah Carica Dieng Bagi Kesehatan

Ketika mengonsumsi buah atau olahannya, tentu kita tidak hanya berharap untuk menikmati rasanya yang enak dan segar, tetapi kita juga menginginkan khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Buah Carica Dieng memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan. Buah yang pertama kali ditemukan di Amerika ini rupanya dapat digunakan sebagai obat penyakit kulit. Di luar negeri, buah Carica sudah dijadikan sebagai bahan obat untuk menyembuhkan masalah kulit. Sayangnya, penemuan ini tidak dapat diterapkan di Wonosobo, karena keterbatasan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain dapat digunakan sebagai obat kulit, kandungan kolagen yang ada di dalamnya juga sering digunakan sebagai bahan kosmetik dan skin care. Bagi orang yang sering mengonsumsinya, hal ini akan berefek baik bagi peremajaan kulitnya, karena kandungan kolagen bermanfaat untuk melembutkan kulit dan mencegah dari penuaan dini.

Buah Carica Dieng Kaya Akan Serat

Bagi Anda yang sedang mengalami gangguan pencernaan, sebelum mengonsumsi obat-obatan, baiknya cobalah untuk mengonsumi buah-buahan. Buah Carica Dieng memiliki kandungan vitamin C dan juga berserat tinggi. Kandungannya ini dapat memperlancar pencernaan. Selain itu, karena dapat memperlancar proses pencernaan, buah ini juga bermanfaat sebagai pembersih usus alami. Kemampuannya yang dapat menyeimbangkan pH, dapat membunuh bakteri jahat yang ada di dalam usus. Selain baik bagi pencernaan, buah ini juga akan meningkatkan fungsi mata. Vitamin A yang ada di dalamnya, dapat membantu menjaga kesehatan mata. Jadi, bagi Anda yang tidak ingin memiliki masalah dengan mata, tetapi tidak suka mengonsumsi sayuran, Anda dapat mencoba buah ini sebagai penggantinya.

Mengetahui beberapa manfaatnya yang besar bagi kesehatan tubuh, mungkin akan membuat Anda tergiur untuk terus menyantap buah ini setiap hari. Akan tetapi, jika mengonsumsinya dengan cara yang itu-itu saja, alias langsung memakan buahnya, sepertinya akan terasa membosankan. Buah Carica Dieng adalah buah yang berdaging keras dan rasanya sedikit masam. Agak susah jika memakannya dalam bentuk yang original. Buah ini akan terasa lebih nikmat apabila disajikan dengan kreasi yang berbeda.

Aneka Kreasi Buah Carica Dieng

buah carica

Sebagai oleh-oleh khas daerah Wonosobo, Buah Carica Dieng biasanya dikemas dalam bentuk manisan dan sirup. Langsung memakan buah ini dalam kemasan siap saji memang praktis, tetapi, jika Anda mengetahui cara membuatnya, mengapa tidak mencoba membuat sendiri? Dengan mengolahnya sendiri, manisan carica akan terasa lebih segar dan pas sesuai dengan selera Anda. Cara membuat manisan carica tidaklah rumit. Bahan-bahan yang diperlukan adalah 2,5 kg buah carica setengah matang, 1,5 kg gula pasir, 1,5 sendok teh garam, dan 3 liter air. Perlu diperhatikan, sebaiknya anda benar-benar memilih buah carica yang setengah matang. Buah yang sudah matang akan terlalu lembek ketika dibuat manisan, rasanya pun tidak akan segar. Memilih yang masih mentah pun tidak baik, karena rasa masamnya masih terlalu tinggi dan dagingnya keras.

Langkah pertama dalam membuat manisan carica adalah mengupas bersih buahnya, membelahnya menjadi dua dan mengeluarkan bijinya. Potong daging carica sesuai ukuran yang diinginkan. Langkah ketiga adalah membuat sirupnya. Biji yang sudah dipisahkan harus direbus dengan air sebanyak 1 liter. Tunggu hingga mendidih, setelah itu angkat dan dinginkan. Setelah dingin, saringlah dan remas-remas bijinya agar sari buah carica ikut tersaring. Tambahkanlah air sedikit demi sedikit, hal ini berfungsi untuk membersihkan bijinya. Rebuslah sisa air tadi bersama gula pasir hingga mendidih. Langkah selanjutnya adalah memasak buah carica hingga matang. Jika sudah matang, angkat dan biarkan hingga dingin. Lalu, campurkan buah yang sudah matang dengan sirupnya di wadah yang sudah disiapkan. Manisan carica sudah siap dihidangkan.

Rasa buah Carica Dieng yang sedikit masam ditambah dengan aromanya yang harum sangat cocok sebagai minuman pelepas dahaga. Dari manisan yang sudah Anda buat, Anda juga dapat mengkreasikan buah carica menjadi minuman squash. Squash adalah minuman berbahan air soda. Cara membuat minuman squash ala carica juga tidak sulit. Dibutuhkan sekitar 250 gram manisan carica. Pertama, pisahkanlah daging carica dari air gulanya, lalu iris tipis dan memanjang. Siapkan 100 gram biji buah selasih, 150 mililiter air soda dan es batu. Masukkan es batu ke dalam gelas, lalu tuangkan air manisan carica. Setelah itu, tuangkan air soda dan buah carica yang telah dipotong-potong beserta buah selasih. Minuman squash ala carica siap untuk dicicipi. Perpaduan antara air soda dan rasa buah tersebut akan memberikan rasa yang unik dan segar.

Menjadikan buah Carica Dieng sebagai teman ngemil ketika bersantai atau mengerjakan tugas adalah ide yang bagus. Anda dapat membuat kripik buah carica. Caranya adalah pilihlah buah carica yang sudah matang, lalu kupas dan iris dengan bentuk yang diinginkan. Setelah itu, cuci irisan carica di air panas kurang lebih selama 3 menit. Biasanya dibutuhkan 2 liter air panas untuk setiap 1 kg buah carica. Kemudian, tiriskan dan goreng dengan minyak kelapa dalam suhu sedang. Untuk perasa (manis, asin, pedas) dapat ditaburkan setelah buah telah selesai digoreng.

Mengonsumsi buah carica ibaratnya seperti menyelam sambil minum air. Selain dapat memanjakan lidah, khasiatnya bagi kesehatan pun begitu besar. Selain itu, buah Carica Dieng dengan kekhasannya, memberikan potensi besar dalam peluang bisnis. Jika Anda sudah tahu segala hal tentang buah unik ini, tidakkah Anda tergiur untuk mencobanya?

Info Lainnya :