Manfaat Buah Carica, Si Mungil Yang Kaya Akan Vitamin dan Baik Untuk...

Manfaat Buah Carica, Si Mungil Yang Kaya Akan Vitamin dan Baik Untuk Kesehatan

SHARE

Manfaat buah carica Dieng – Pepaya mungkin sudah tidak asing di telinga anda karena itu merupakan buah yang sangat terkenal untuk melancarkan BAB dan banyak tumbuh di berbagai wilayah di Indonesia. Tetapi, bagaimana dengan buah Carica? Belum banyak yang tahu mengenai buah yang khasiatnya hampir sama dengan pepaya bahkan lebih ini. Buah Carica merupakan sebutan pepaya gunung yang digunakan oleh warga Dieng dan Wonosobo. Manfaat buah Carica sangat banyak namun hanya diketahui oleh warga sekitar Wonosobo dan Dieng saja karena masih kurangnya sosialisasi dan informasi mengenai buah ini di luar wilayah Wonosobo. Sebenarnya buah ini berasal dari Luar Negeri tepatnya dari dataran tinggi Andes, Amerika Selatan. Namun, di Indonesia sendiri buah ini banyak dibudidayakan oleh warga dataran tinggi Dieng dan menjadi salah satu makanan khas Wonosobo.

Warga Dieng banyak membudidayakan buah ini karena mereka sudah mengetahui banyaknya manfaat buah Carica yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Jika anda kebetulan sedang berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng, anda bisa melihat banyak pohon Carica yang tumbuh di pinggir lahan petani. Buah ini memang hanya bisa tumbuh dan berkembang di daerah yang berada di ketinggian 1.500 – 3.000 mdpl saja sehingga sangat cocok ditanam di Dataran Tinggi Dieng yang berada di ketinggian sekitar 2000 mdpl dengan suhu rata-rata mencapai 12 – 20°C di siang hari dan 6 – 10°C di malam hari. Secara fisik baik dari pohon, buah, dan daun semuanya hampir mirip dengan pohon pepaya pada umumnya namun semua dalam versi yang lebih kecil dan mini.

Karakteristik Buah Carica Dieng

manfaat buah caricaBuah Carica Dieng atau Pepaya Gunung ini berbentuk bulat seperti telur yang memiliki panjang sekitar 6–10 cm dan lebar sekitar 3–4 cm. Ukuran yang mungil memang namun siapa sangka di dalamnya terdapat banyak manfaat. Jika buah sudah matang, bentuknya akan berubah dengan bentuk bulat seperti telur tetapi sungsang dan memiliki ukuran yang lebih besar dengan panjang 6–15 serta lebar 3–8 cm. Tekstur buah Carica yang sudah matang yaitu berwarna kekuningan hingga jingga dengan daging buah yang keras serta memiliki banyak biji yang terbungkus oleh sarkotesta berwarna putih dan berair. Rasanya buah mungil ini sendiri agak asam dan mempunyai aroma yang harum. Banyak sekali manfaat buah Carica yang bisa didapat dari dagingnya yang mengandung berbagai macam vitamin.

Vitamin yang Terkandung dalam Buah Carica

Buah ini dijuluki sebagai buah Para Dewa oleh warga Dieng karena tingginya manfaat buah Carica bagi kesehatan tubuh. Selain itu, Carica juga memiliki beragam kandungan nutrisi yang baik untuk kondisi tubuh seperti serat, enzim Papain yang sangat tinggi, Vitamin A, Vitamin B kompleks, Vitamin C, Vitamin E, Kalsium dan lain sebagainya. Sama halnya seperti buah pada umumnya, Carica juga mengandung serat yang tinggi. Buah Carica juga memiliki enzim Papain yang sangat tinggi seperti buah pepaya yang sudah terbukti mampu membantu melancarkan proses pencernaan karena bisa bekerja optimal di berbagai tingkat pH. Vitamin A yang berperan penting pada kesehatan mata, Vitamin B kompleks yang bagus untuk sistem metabolisme tubuh, Vitamin C yang bagus untuk kulit, Vitamin E yang mampu menjadi penangkal sinar UV dan Kalsium yang bagus untuk kekuatan fisik.

Manfaat Buah Carica Bagi Kesehatan Tubuh

buah carica dieng terbaik
Carica Sumbing salah satu hasil olah buah carica

Setelah membahas sekilas tentang kandungan yang terdapat pada buah Carica beserta fungsinya masing-masing, tidak ada salahnya mengetahui lebih dalam mengenai manfaat apa saja yang bisa didapatkan jika anda mengonsumsi si mungil dari Dieng ini. Manfaat buah Carica yang paling utama adalah mampu melancarkan proses pencernaan atau BAB karena mengandung serat yang tinggi. Anda yang sering memiliki masalah pencernaan seperti sembelit dan sebagainya, bisa memakan buah Carica ini langsung tanpa diolah secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hal ini bisa terjadi karena serat yang tinggi akan mampu membantu menyerap protein dari hasil asupan makanan dengan baik.

Manfaat buah Carica yang juga tak kalah penting adalah mampu membunuh bakteri jahat di dalam usus dan menetralkan tingkat keasaman lambung atau pH. Hal ini disebabkan adanya kandungan enzim Papain yang sangat tinggi. Enzim ini mudah diserap oleh tubuh sehingga akan bekerja dengan efektif di dalam tubuh. Anda yang mungkin sering mengalami gangguan pencernaan karena asam lambung yang tinggi bisa mengonsumsi buah ini sehingga pH lambung akan seimbang kembali dan normal. Selain itu, enzim ini juga mampu membunuh bakteri berbahaya yang terdapat di dalam usus dan jika tidak dibersihkan segera akan menyebabkan gangguan pada usus seperti usus buntu. Sebenarnya tingkat enzim Papain yang terdapat dalam buah Carica memang lebih kecil dibandingkan yang terdapat pada buah pepaya pada umumnya, namun khasiatnya tetap saja besar bagi kesehatan organ pencernaan.

Manfaat buah Carica yang selanjutnya adalah mampu membantu mengobati maupun mencegah masalah-masalah kesehatan mata. Umumnya orang akan menjadikan wortel sebagai pilihan utama untuk menjaga kesehatan mata karena banyaknya vitamin A, namun siapa sangka jika sebenarnya ada alternatif lain yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah mata yaitu dengan buah Carica ini. Bahkan, vitamin A yang terkandung dalam buah khas Dieng tersebut ternyata lebih tinggi dibandingkan dengan wortel. Anda bisa rutin mengonsumsinya secara teratur untuk mencegah kerusakan mata. Untuk anda yang memang sudah mengalami masalah kesehatan mata seperti rabun jauh, rabun dekat, rabun senja dan sebagainya bisa menggunakan buah Carica ini sebagai obat alami.

Membantu proses metabolisme tubuh merupakan manfaat buah Carica berikutnya karena adanya kandungan vitamin B kompleks di dalam buah ini. Vitamin B kompleks mampu menghasilkan energi yang besar saat proses metabolisme tubuh berlangsung. Tak hanya itu, vitamin tersebut juga berfungsi untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh sehingga terhindar dari bakteri dan virus serta menambah kekuatan fisik. Bertambahnya energi pada tubuh kita saat mengonsumsi Carica dapat terlihat dari hilangnya rasa lapar sementara sehingga anda cocok membawa buah ini jika hendak bepergian ke berbagai tempat.

Manfaat buah Carica yang lainnya adalah mampu menyehatkan dan mempercantik kulit. Vitamin C yang terkandung dalam si mungil ini mampu membentuk kolagen yang berfungsi untuk menghindari penuaan dini dan menjadikan kulit lebih mulus dan jauh dari kerutan-kerutan wajah. Ini yang menjadi faktor utama adanya kosmetik yang terbuat dari buah Carica sebagai bahan utama. Tidak hanya sampai di situ, kandungan vitamin E yang terdapat di buah Carica juga mampu menghindarkan kulit menjadi rusak dan gelap akibat sinar UV matahari karena berperan sebagai penangkal radikal bebas.

Menambah tingkat perekonomian warga Dataran Tinggi Dieng dan sekitarnya juga merupakan manfaat buah Carica yang dirasakan. Hal ini terjadi karena banyak masyarakat yang menanam buah yang kaya manfaat ini untuk dijual secara mentah dan banyak juga yang memilih mendirikan industri olahan kecil dari buah ini. Buah Carica memang bisa diolah menjadi beragam produk seperti manisan, keripik, sirup, dodol dan sebagainya yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi. Bahkan, produk olahan Carica ini telah menjadi salah satu oleh-oleh pilihan ketika berkunjung ke Dieng dan menjadi makanan khas Wonosobo selain Mie Ongklok dan Tempe Kemul. Hadirnya buah Carica ini tentu turut meningkatkan tingkat perekonomian warga Dieng dan menjadi salah satu mata pencaharian pilihan.

Info Lainnya :