Manisan Carica Dieng Produk Unggulan Buah Carica

Manisan Carica Dieng Produk Unggulan Buah Carica

SHARE

Manisan Carica yang berasal dari Dieng Wonosobo ini merupakan buah pepaya gunung namun dari segi karakteristik memiliki perbedaan dengan pepaya. Buah ini memang menjadi ciri khas di Dieng Wonosobo dan juga sebagai oleh-oleh yang patut anda bawa ketika pulang dari Dieng. Buah ini dapat dijadikan manisan carica. Sangat cocok bagi anda yang memiliki perut lemah pada buah-buahan karena sifat dari buah ini adalah dapat memperbaiki pencernaan. Daging dari buah pun dapat dikonsumsi secara segar. Di Pulau Jawa pepaya gunung ini dijual kepada wisatawan yang berkunjung ke Indonesia terutama Jawa atau dikonsumsi oleh masyarakat setempat. Berbeda lagi bila di Amerika Selatan, buah ini biasanya dibuat sebagai minuman ringan non alkohol dan dibuat sebagai bahan selai. Sedangkan untuk buah yang masih muda biasanya digunakan untuk bahan pembuatan obat kulit atau berbagai macam kosmetik.

Buah carica sendiri dapat tumbuh di daerah dengan ketinggian 1.500 hingga mencapai 3.000 meter di atas permukaan laut. Usul punya usul buah ini ternyata berasal dari dataran Andes, Amerika. Kabarnya buah pepaya gunung ini hanya dapat tumbuh di Dataran Tinggi Dieng, namun kenyataannya ditemukan juga buah yang serupa di daerah Bali. Orang Bali biasa menyebut buah ini dengan sebutan Gedang Memedi. Selain untuk manisan carica masyarakat Dieng biasanya mengolah pepaya gunung ini menjadi berbagai macam produk mulai sirup carica atau keripik carica.

Manisan Carica Dieng Produk Unggulan Kota Wonosobo

manisan caricaBentuk dari pohon carica Dieng ini memiliki struktur dan bentuk yang sekilas hampir sama persis dengan pohon pepaya pada umumnya dan dapat bercabang pada bagian bawahnya. Ketika anda berkunjung ke daerah Dieng terutama bila melalui jalur Wonosobo, kalian akan banyak melihat pohon carica tumbuh di pinggir lahan, toko dan rumah. Banyak yang menjual manisan carica yang akan memanjakan mata kalian ketika menuju Dataran Tinggi Dieng. Sedangkan untuk bentuk dari buahnya sendiri hampir sama dengan buah pepaya, namun ukuran agak jauh lebih kecil dan bentuk yang bergelombang, ketika buah ini masih muda akan berwarna hijau tua sedangkan ketika sudah matang akan berubah menjadi hijau kekuningan sampai kuning. Diameter dari buah carica rata-rata 3-5 cm dan panjang 6-10 cm. Daging dari buah carica ini cukup keras tapi memiliki rasa asam dengan bau yang harum, sekeliling rongganya memiliki biji yang sangat banyak terbalut oleh sarkotesta yang berlendir dan berair. Nama lain dari buah carica ini cukup banyak antara lain Carica candamarcensis Hook F, Carica pubescens, Carica pubescens Lenne et Koch, atau Vasconcellea cundamarcensis V. M. Badillo.

Manisan carica memiliki kandungan karotenoid konsentrasi tinggi vitamin A vitamin C dan E, berfungsi sebagai antioksidan tubuh dan mampu menyingkirkan radikal bebas penyebab timbulnya kanker. Carica ini juga mengandung minyak atsiri yang merupakan keturunan dari asam lemak. Selain itu carica banyak mengandung zat papain yang berfungsi bagi kesehatan tubuh, yang berfungsi dalam mempercepat proses pencernaan protein dan berkhasiat sebagai obat sakit perut seperti diare, maag atau sembelit. Zat papain ini sering juga digunakan dalam industri farmasi. Kandungan serat yang dimiliki buah carica pun sangat tinggi.

Manfaat Manisan Carica Dieng

Apakah buah carica termasuk manisan carica memiliki manfaat yang baik untuk tubuh kita?jawabannya adalah Ya. Buah carica yang dikenal sebagai buah yang hanya dapat tumbuh di dataran tinggi Dieng ini memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Buah carica masih dikategorikan dalam golongan buah pepaya, tetapi ada sedikit perbedaan didalamnya yaitu pohon buah carica ukurannya relatif pendek dan memiliki rasa yang cukup asam dibandingkan dengan pohon pepaya pada umumnya.

Berikut manfaat manisan carica bagi kesehatan tubuh kita yaitu yang pertama melancarkan proses pencernaan. Buah carica di dalamnya memiliki kandungan enzim papain dan juga serat yang tinggi yang bermanfaat bagi sistem pencernaan, dengan kandungan serat tinggi inilah buah carica dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan pembuangan kotoran. Seperti salah satunya adalah solusi bagi anda yang sedang terkena masalah BAB. Enzim papain yang terdapat dalam buah carica juga dapat membunuh bakteri jahat yang berada di dalam usus, selain itu enzim ini dapat menyehatkan dan menormalkan pH usus.

Manfaat kedua dari manisan carica ini berasal dari Vitamin C yang terkandung dalam buah carica. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah carica ini sangat tinggi, bahkan kandungannya bisa dibilang lebih besar daripada buah jeruk. kandungan vitamin C inilah yang bermanfaat untuk menyehatkan kulit dan menangkal radikal bebas. Vitamin C dari carica ini juga dapat membentuk kolagen yang dapat mengurangi kerutan dalam kulit serta menjaga kelembapan kulit. Selain vitamin C, didalam buah carica juga terdapat kandungan vitamin A dengan manfaat yang luar biasa tidak kalah tinggi dengan wortel. Vitamin A sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan terutama pada kesehatan mata. Vitamin A yang terkandung dalam carica bisa digunakan sebagai nutrisi tambahan untuk yang mengalami rabun senja. Tidak cukup sampai disitu saja, ternyata buah carica juga memiliki kandungan zat agrinin, yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Cara Mengetahui Manisan Carica Yang Aman Dikonsumsi

Manisan carica biasanya dikemas rapi menggunakan kaleng atau dengan kemasan gelas jar. Tingginya minat konsumen akan manisan carica ini membuat industri rumah tangga turut mencoba membuat produk olahan dari buah carica. Industri rumah tangga ini ternyata terus berlomba-lomba dalam menciptakan suatu produk yang inovatif dan kreatif baik dari segi rasa atau penampilan. Dan tidak sedikit pula industri rumahan yang dalam menciptakan produk agar bisa menarik konsumen, melakukan hal yang tidak jujur, yang nantinya berdampak pada kesehatan konsumennya.

Cara mengetahui apakah manisan carica itu aman dikonsumsi atau tidak itu cukup mudah. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah tampilan carica yang tampak dari luar kemasan, apabila warna larutannya gelap atau keruh, kemungkinan dalam proses filtrasi sari biji buah carica kurang sempurna. Selain warna larutannya gelap, anda terkadang memilih alternatif lain seperti memilih warna larutan yang sangat mencolok, yaitu kuning terang. Jangan mudah terpengaruh bisa saja warna larutan yang sangat terang itu hasil dari penggunaan pewarna yang berlebihan.

Manisan buah carica sangat khas dengan rasanya yang manis. Tetapi bila rasa manisan yang kurang atau terlalu manis dapat menurunkan nilai jualnya. Perlu adanya tahapan seperti uji panelis dalam menentukan rasa yang pas dalam manisan tersebut. Bila anda membeli manisan buah carica yang ketika dimakan akan membuat sakit tenggorokan, dipastikan manisan carica tersebut menggunakan pemanis buatan. Anda juga jangan mudah percaya dengan iming-iming manisan caricanya dapat bertahan cukup lama, Manisan carica biasanya dapat bertahan hingga sekitar 1 tahun, bila lebih dari itu kemungkinan besar manisan carica tersebut menggunakan bahan pengawet.

Info Lainnya :